Cara Memindahkan Penyimpanan PlayStore ke Kartu SD

Cara Memindahkan Penyimpanan PlayStore ke Kartu SD

Cara Memindahkan Penyimpanan PlayStore ke Kartu SD - Bagi Anda yang memiliki penyimpanan internal smartphone terbatas, sangat penting mengetahui cara memindahkan penyimpanan PlayStore ke kartu SD. Agar memori internal smartphone tetap tersedia agar tidak mempengaruhi kecepatan akses dan pemakaian smartphone.

Penggunaan kartu SD merupakan salah satu alternatif untuk menunjang ruang penyimpanan pada smartphone. Sehingga bisa dengan bebas mengunduh aplikasi ataupun file penting untuk disimpan dalam smartphone. 

Kelebihan dari kartu SD dalam menunjang ruang penyimpanan pada smartphone membuat sebagian besar masyarakat terutama pelajar dan mahasiswa menggunakannya. Bahkan, beberapa pengguna smartphone bahkan mempertanyakan bagaimana cara agar penyimpanan otomatis ke kartu SD. 

Kendala penting seperti keterbatasan ruang penyimpanan internal yang tersisa membuat beberapa orang mempelajari cara memindahkan penyimpanan PlayStore ke kartu SD. Karena seiring berkembangnya teknologi dan informasi, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk memaksimalkan penggunaan SD card agar dapat menyimpan beberapa file dalam penyimpanan internal.

Pentingnya Penggunaan Kartu SD untuk Penyimpanan Internal Smartphone

Ada beberapa hal yang membuat kartu SD cukup penting untuk digunakan. Beberapa alasan berikut seringkali terjadi pada pengguna smartphone yang membutuhkan ruang penyimpanan cukup besar atau pengguna smartphone dengan ruang penyimpanan internal terbatas.

1. Dapat Menyimpan File dalam Ukuran Besar

Menyimpan file dalam ukuran besar tanpa khawatir ruang penyimpanan terbatas. Alasan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang gemar mengoleksi video dengan durasi yang cukup panjang ataupun menyimpan foto dengan resolusi yang tinggi.

2. Mengunduh Aplikasi Game Online secara Bebas

Bebas mengunduh aplikasi game online untuk dimainkan. Pada umumnya, aplikasi game online cukup menyita banyak ruang dalam penyimpanan. Apalagi jika Anda sering memainkannya dan mengunduh beberapa hal yang dapat menunjang permainan game agar semakin lancar.

3. Dapat Menyimpan Berbagai Jenis File Dokumen

Penyimpanan file dokumen yang bervariasi juga perlu menggunakan kartu SD. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa pelajar, pengajar ataupun mahasiswa untuk memudahkan proses belajar mengajar. 

Apalagi di saat pandemi Covid 19, sebagian besar aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online. Tidak hanya berbagai file dokumen yang perlu Anda unduh, tetapi juga memerlukan pengunduhan aplikasi untuk memudahkan proses pembelajaran.

Cara Mudah Memindahkan Penyimpanan PlayStore ke Kartu SD

Setelah mengetahui beberapa alasan yang seringkali membuat beberapa orang ingin memindahkan penyimpanan PlayStore ke kartu SD, Anda juga perlu mengetahui cara pemindahannya. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui cara memindahkan penyimpanan PlayStore ke kartu SD.

1. Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk cara memindahkan penyimpanan PlayStore ke kartu SD yaitu dengan cara membuka pengaturan smartphone. Setelah itu, pilih aplikasi yang bisa Anda pindahkan ke penyimpanan eksternal atau kartu SD. Jika aplikasi tersebut dapat dipindahkan, maka informasi yang tertera pada aplikasi tersebut memiliki label untuk pengubahan tempat penyimpanan.

Setelah itu, klik label ubah atau change pada pengaturan smartphone untuk mengubah tempat penyimpanan aplikasi pada kartu SD. Kemudian, pilih kartu SD pada bagian pengubahan tempat penyimpanan. Terakhir, pilih bagian Move untuk memulai pengaturan baru.

Jika Anda ingin memindahkan penyimpanan aplikasi pada penyimpanan internal, maka langkah yang perlu Anda lakukan yaitu mengulang langkah-langkah di atas dari awal. Akan tetapi, pastikan jika Anda memilih opsi penyimpanan internal pada menu penyimpanan.

2. Cara Memanfaatkan Kartu SD sebagai Penyimpanan Internal Smartphone

Selain memindahkan aplikasi ke kartu SD, Anda juga bisa memanfaatkan kartu SD sebagai penyimpanan internal smartphone. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu dengan mengakses pengaturan smartphone.

Setelah itu, pilih bagian storage kemudian memilih bagian format as internal. Terakhir, Anda bisa menekan bagian Move Content untuk menyelesaikan proses pemindahan tempat penyimpanan. Fitur yang satu ini disebut sebagai Adoptable Storage yang akan mengharuskan Anda untuk menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan permanen.

3. Cara Memindahkan Aplikasi pada Penyimpanan Eksternal melalui File Manager

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk cara memindahkan penyimpanan PlayStore ke kartu SD yaitu dengan membuka akses file manager. Kemudian pilih bagian titik tiga pada aplikasi yang ingin dipindah dan pilih penyimpanan kartu SD untuk menyimpannya.

Aplikasi yang bisa Anda pindahkan melalui file manager merupakan aplikasi bawaan dari smartphone tersebut. Sehingga tidak semua jenis aplikasi bisa Anda ganti tempat penyimpanannya menggunakan kartu SD.

4. Cara Memindahkan Aplikasi pada Penyimpanan Kartu SD menggunakan Aplikasi

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengubah tempat penyimpanan aplikasi. Yaitu dengan cara mengunduh dan membuka aplikasi AppMgr III dan pilih menu Moveable. Melalui aplikasi ini, akan mengetahui aplikasi apa saja yang bisa dipindah pada ruang penyimpanan kartu SD.

Bagaimana, mudah bukan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan penyimpanan PlayStore pada penyimpanan eksternal? Demikian ulasan singkat mengenai cara memindahkan penyimpanan PlayStore ke kartu SD, semoga bermanfaat.

search keyword: cara memindahkan aplikasi ke kartu sd,cara memindahkan aplikasi ke memori,cara memindahkan aplikasi ke kartu memori,cara memindahkan file ke kartu sd,cara memindahkan penyimpanan internal ke kartu sd,cara memindahkan aplikasi ke sd card,cara memindahkan aplikasi ke kartu sd oppo a3s,cara memindahkan memori internal ke kartu sd,cara memindahkan aplikasi ke kartu sd vivo,memindahkan aplikasi ke sd card

Post a Comment for "Cara Memindahkan Penyimpanan PlayStore ke Kartu SD"