Cara Membuat dan Menampilkan Rating Bintang Postingan Blog di Penelurusan Google

Gambar Cara Membuat dan Menampilkan Rating Bintang Pada Blog
Cara Membuat dan Menampilkan Rating Bintang Pada Blog Agar Muncul Di Penelusuran Google - Rating berbintang pada postingan ini biasanya hanya digunakan pada sebuah blog dan website yang menggunakan platform WordPress. Kenapa? Ya karena rating berbintang ini menggunakan plugin.

Walaupun kebanyakan digunakan pada platform WordPress dengan menggunakan plugin, bukan berarti rating berbintang ini tidak bisa digunakan dan di pasang di blog dengan platform Blogger. Tetep bisa kok. Bahkan caranya lebih mudah dibandingkan dengan memasang plugin.

Untuk manfaat dari memasang rating berbintang ini pada blog juga banyak banget manfaat dan kegunaannya. Dengan adanya rating berbintang ini pada setiap postingan blog kamu, tentunya ini akan menambah kepercayaan para pengunjung blog terkait artikel yang kamu buat. Dan kemungkinan jumlah klik dari para pengunjung di hasil pencarian Google lebih dominan kepada artikel yang memiliki rating besar.

Contoh kecilnya seperti ini, misalkan artikel kamu berada di halaman pertama pada posisi ke dua di hasil penelusuran Google. Walaupun artikel kamu kalah karena berada di posisi ke dua, namun kemungkinan besar para pengunjung akan membaca dan membuka artikel kamu dibandingkan dengan artikel blog yang berada di posisi paling atas.

Bisa kamu lihat pada gambar dibawah, artikel yang memiliki rating bintang tentu lebih menarik dan memberi kepercayaan lebih kepada calon pengunjung.
Gambar Membuat dan Menampilkan Rating Bintang Postingan Blog di Penelurusan Google
Keren mana, yang atas atau yang bawah? Pasti lebih keren blog yang dibawahnya walaupun posisinya kalah dari blog yang diatasnya. Selain itu, artikel yang memasang rating akan mudah di crawel oleh Googlebot dan mudah masuk ke halaman penelusuran Google.

Rating vote berbintang pada postingan blog juga termasuk salah satu teknik SEO untuk meningkatkan trafik kunjungan blog kamu. Cocok banget buat blog yang masih baru-baru dibuat dan baru-baru muncul di penelusuran Google.

Untuk memasang rating bintang pada postingan blog, caranya juga mudah banget. Cukup menambahkan kode schema.org pada template blog kamu. Berikut cara membuat dan menampilkan rating bintang pada postingan blog agar muncul di hasil penelusuran Google.

Cara Membuat dan Menampilkan Rating Berbintang Pada Blog Bisa Muncul di Penelurusan Google

  1. Buka dashboard blogger kamu
  2. Masuk ke menu ThemeEdit HTML
  3. Kemudian salin dan taruh script dibawah ini setelah tag <head>
    <script type="application/ld+json">
    {
      "@context": "https://schema.org/",
      "@type": "Book",
      "name": "Rifqi Alfi",
      "aggregateRating": {
        "@type": "AggregateRating",
        "ratingValue": "4.7",
        "ratingCount": "14",
        "bestRating": "5",
        "worstRating": "1"
      }
    }
    </script>
    Pada teks name kamu ganti dengan nama kamu atau nama blog kamu. Type kamu ganti dengan niche blog kamu. Rating value adalah jumlah rating yang akan tampil di penelusuran Google. Ganti semuanya sesuai dengan blog kamu ya.
  4. Langkah terakhir klik simpan
Untuk masalah type, ada beberapa jenis yang bisa kamu gunakan. Berikut beberapa jenis type yang bisa kamu gunakan :
  • Book
  • How-to
  • Course
  • Movie
  • Software App
  • Product
  • Local business
  • Event
  • Recipe

Nah, sampai disini script schema org rating berbintang sudah berhasil di pasang di blog kamu. Selanjut jangan lupa untuk melakukan cek apakah script tadi sudah benar agar tidak ada masalah saat rating bintang ini muncul di Google. Untuk memastikan apakah sudah benar atau tidaknya, kamu bisa cek langsung melalui alat resmi Google, yaitu Tool Schema Google Structure Validator.

Berapa Lama Rating Bintang Ini Akan Muncul Di Hasil Penelurusan Google?

Masalah berapa lamanya rating berbintang ini muncul di penelusuran Google, itu tergantung Googlebot saja dalam meng-crawel dan meng-indeks seluruh halaman dan juga postingan di blog kamu. Jika template kamu SEO friendly dan fast indeks, kemungkinan rating ini akan muncul kurang lebih hingga 3 hari. Proses pengindeksan mungkin saja bisa lebih lama ya.

Nah, itu dia tutorial cara membuat dan menampilkan rating berbintang pada postingan blog agar muncul di penelusuran Google. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.
Cindy
Cindy NOTHING!!!

Post a Comment for "Cara Membuat dan Menampilkan Rating Bintang Postingan Blog di Penelurusan Google"