Buka Tabungan Neo Bank & Dapatkan Hadiah Tunai 10Jt, Bisa Langsung Ambil!
Tanpa Syarat & Aman

Ambil

Cara Mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Console Yang Hilang atau Terhapus

Cara mengatasi dan mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Webmaster yang hilang. Meta tag berfungsi sebagai tracking atau memantau kunjungan blog.
Gambar Cara Mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Search Console Yang Hilang atau Terhapus
Cara Mengetahui dan Mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Webmaster (Google Search Console) Yang Hilang atau Terhapus - Meta tag merupakan sebuah kode yang digunakan untuk melacak dan mendeteksi keberadaan dan kepemilikan pada sebuah website.

Dengan memasang meta tag verifikasi ini ke dalam direktori root website atau template blog, Google bisa mengenali website atau blog yang kamu kirimkan ke mesin penelusuran Google.

Dan meta tag ini juga merupakan salah satu cara untuk memverifikasi kepemilikan sebuah situs. Jadi setiap orang yang ingin mendaftarkan dan mengirimkan peta situsnya ke Google Search Console, dia wajib memverifikasi kepemilikan situs tersebut.

Walaupun tersedia beberapa cara atau metode untuk melakukan verifikasi kepemilikan sebuah situs atau blog di Google Webmaster (Google Search Console). Bisa itu dengan metode verifikasi file TXT dan yang lainnya.

Namun seperti yang kita ketahui, metode verifikasi dengan meta tag adalah cara atau metode verifikasi kepemilikan situs yang paling mudah dilakukan. Walaupun kita perlu memantau keberadaan meta tag ini pada template blog kita masing-masing.

Bukan hanya untuk memverifikasi kepemilikan situs atau blog saja, kode meta tag verifikasi ini juga penting bagi kamu yang ingin mendaftarkan website atau blognya ke Google Adsense. Karena salah satu syarat yang wajib di penuhi atau salah satu kriteria publisher Adsense adalah mengelola kepemilikan situs yang jelas.

Selain itu, meta tag yang diberikan Google Webmaster juga berfungsi untuk melakukan pelacakan, melihat histori kunjungan blog, page view, jumlah klik penelusuran web dan memantau kesehatan blog atau website tersebut. Googlebot akan mengumpulkan seluruh data terkait blog kamu melalui meta tag verifikasi ini (meta tag tracking).

Namun seringkali masalah di alami oleh sebagian orang dan sebagian blogger. Banyak dari kalangan mereka yang tidak sengaja menghapus meta tag verifikasi tersebut tanpa di sadari. Pasti kamu juga bakalan panik kan kalau kamu sadar bahwa meta tag verifikasi tersebut hilang dari template blog kamu? Kalau iya, berarti kita sama.

Biasanya kasus atau masalah hilang atau terhapusnya kode meta tag verifikasi Google Webmaster (Google Search Console) ini terjadi ketika kita mengganti template blog namun kita lupa untuk melakukan backup kode-kode penting terlebih dahulu. Dan masalah atau kasus ini juga salah satu kesalahan para blogger pemula yang kerap seringkali terjadi.

Walaupun terkadang pada sebagian pengguna Google Search Console atau Google Webmaster sering mendapatkan notifikasi terkait kode meta tag verifikasi kepemilikan yang hilang atau tidak terdeteksi (Not Verified). Biasanya pemberitahuan ini akan muncul sepekan setalah meta tag tracking ini tidak terdeteksi oleh Googlebot.

Untungnya, pihak Google Webmaster telah menyediakan sebuah halaman khusus untuk melihat dan memantau siapa saja yang mengelola website atau blog kita. Dan kita juga bisa melihat detail terkait blog kita tersebut. Mulai dari pemilik situs resmi, metode verifikasi yang digunakan saat daftar ke Google Search Console dan detail lainnya.

Bagi kamu yang mengalami masalah yang sama (kehilangan kode meta tag verifikasi dari Google Webmaster atau Google Search Console), kamu bisa ikuti cara-cara yang saya jelaskan dibawah ini. Langkah demi langkah akan saya jelaskan secara detail. Jadi kalau kamu masih belum menemukan meta tag verifikasi untuk blog kamu, kemungkinan kamu yang salah memahami.

Berikut tutorial cara mengetahui dan mengembalikan kode meta tag verifikasi Google Webmaster atau Google Search Console yang hilang atau terhapus dari template blog.

Cara Mengembalikan Kode Meta Tag Verifikasi Google Webmaster (GSC) Yang Hilang Atau Terhapus

Langkah-langkah yang ada dibawah ini sudah menggunakan dashboard Google Search Console (Google Webmaster) versi terbaru. Jadi kalau kamu masih pada versi lama, mungkin ada sedikit perbedaan pada tata letak dan posisi menunya. Tinggal kamu sesuaikan saja.
  1. Pertama-tama kamu buka dan login dulu ke halaman dashboard Google Search Console
  2. Setelah berhasil login, buka tab atau blog yang bersangkutan
  3. Setelah itu masuk ke menu "Setelan"Gambar Cara Mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Search Console Yang Hilang atau Terhapus
  4. Kemudian klik menu "Pengguna dan Izin" setelah itu akan muncul nama pengguna yang terhubung dan dapat mengelola properti blog tersebut. Klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan ➤ kemudian klik menu "kelola Kepemilikan Properti"
    Gambar Cara Mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Search Console Yang Hilang atau Terhapus Gambar Cara Mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Search Console Yang Hilang atau Terhapus
  5. Kemudian kamu akan dibawa atau di alihkan ke halaman detail terkait pengguna dan properti situs. Dan terdapat detail metode verifikasi situs juga disana. Contohnya seperti gambar dibawah iniGambar Cara Mengembalikan Meta Tag Verifikasi Google Search Console Yang Hilang atau Terhapus
  6. Kamu tinggal klik saja pada tulisan "Detail" seperti gambar di atas dan akan muncul kode meta tag verifikasi saat pertama kali kamu mendaftar ke Google Webmaster. Salin kode meta tag tersebut dan taruh kembali ke dalam template blog kamu. Kalau kamu belum tahu atau bingung taruh kodenya dimana, kamu bisa taruh kodenya dibawah tag <head>
  7. Selesai

Nah, itu dia tutorial cara mengetahui dan mengembalikan kode meta tag verifikasi Google Webmaster yang hilang atau terhapus dari template blog. Mudah, kan? Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.
Everything you see in this world is just a deceptive decoration.

1 comment

  1. Mantap bang ternyata gampang ya
Tulislah komentar unik, jelas dan tidak mengandung LINK AKTIF atau PROMOSI.