Buka Tabungan Neo Bank & Dapatkan Hadiah Tunai 10Jt, Bisa Langsung Ambil!
Tanpa Syarat & Aman

Ambil

Cara Membuat Shortlink Menggunakan Domain Sendiri Secara Gratis

Cara mudah membuat shortlink url sendiri pakai domain / subdomain kamu secara gratis. Shortlink pribadi itu lebih efektif daripada shortlink online.

Gambar Cara Membuat Shortlink Pakai Domain Sendiri Secara Gratis
Cara Membuat Shorten Link (Pemendek URL) Sendiri Menggunakan Domain atau Sub domain Sendiri Secara Gratis - Shortlink atau pemendek url adalah suatu layanan atau cara dimana kita bisa mengubah tautan yang kita miliki agar lebih pendek, lebih singkat dan cenderung mudah di ingat. Saya juga yakin kalau kamu sudah familiar dengan istilah shortlink ini, kan?

Biasanya orang-orang sering menggunakan situs bit.ly sebagai layanan shortlink mereka. Karena selain gratis, Bitly juga mudah untuk digunakan tanpa harus mendaftar dan login terlebih dahulu.

Namun seperti yang kita ketahui, tautan yang di perpendek di situs Bitly ini tidak bisa kita custom sendiri pada nama alias-nya kalau kita masih menggunakan akun gratisan. Wajar aja sih, namanya juga layanan online gratis, pasti fitur yang diberikan juga terbatas, ya kan.

Namun ada juga kok beberapa situs layanan shortlink terbaik yang sudah menyediakan fitur untuk membuat nama alias sesuai dengan keinginan kok. Kamu bisa baca artikel situs penyedia layanan shortlink custom terbaik dan gratis tahun 2021. Di sana ada beberapa rekomendasi situs layanan shortlink terbaik yang bisa kamu coba.

Selain menggunakan situs layanan shortlink yang ada di internet seperti Bitly dan TinyUrl, kamu juga bisa lho buat layanan shortlink kamu sendiri. Selain proses pembuatan yang mudah dan gratis, shortlink yang akan kamu buat juga bisa kamu custom (ganti) sendiri nama alias-nya dengan nama alias yang kamu inginkan. Keren banget, kan?

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa melihat trafik jumlah klik terhadap tautan yang sudah di kunjungi oleh orang-orang dan kamu juga bisa lho menambahkan kata sandi.

Gimana, tertarik membuat shortlink kamu sendiri dengan menggunakan domain kamu sendiri? Kalau tertarik kamu bisa ikuti tutorialnya di artikel ini. Tapi sebelum lanjut ke tutorial cara membuat shortlink kamu sendiri, pastikan kamu memiliki domain atau sub domain custom kamu sendiri.

Apa Sih Alias Itu?

Alias adalah deretan karakter unik yang terletak setalah nama domain tersebut. Biasanya setiap kali kita merubah tautan agar lebih pendek lagi di seluruh situs layanan shortlink, tautan yang di hasilkan berisi nama dari domain situsnya kemudian di iringi beberapa karakter unik di belakangnya.

Contoh tautan yang di rubah menggunakan situs bit.ly hasilnya akan seperti ini :
  • https://bit.ly/38numGh
  • https://bit.ly/Dzuhalah

Pada tulisan unik dan 38numGh disebut sebagai alias. Dan alias ini sifatnya unik, yang berarti tidak ada kesamaan. Nama alias tersebut bisa kita ubah sesuai keinginan pada beberapa layanan situs shortlink yang memang memberikan fitur tersebut.

Namun untuk situs Bitly, sendiri, pengguna Bitly dengan plan gratisan (free) sendiri, kita tidak bisa merubah atau custom nama alias tersebut dengan nama lain. Karena merubah nama alias ini hanya bisa dilakukan jika kamu telah meng-upgrade plan atau paket kamu menjadi premium.

Tapi kalau kamu ingin memendekkan tautan kamu dengan nama alias custom secara gratis melalui situs shortlink, kamu bisa pakai situs tinyurl.com atau tinyrul.cc. Tapi kamu juga bisa kok membuat layanan shortlink kamu sendiri tanpa bergantung dengan layanan situs orang lain yang ada di internet. Bahkan manfaatnya jauh lebih besar ketimbang kamu memendekkan tautan kamu menggunakan layanan shortlink orang.

Apa Sih Manfaat dan Keuntungan Membuat Shortlink Dengan Domain Sendiri?

Tentu saja terdapat banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Selain berguna untuk memendekkan tautan kamu, memiliki shortlink domain sendiri juga akan meningkatkan popularitas branded milik kamu.

Shortlink dengan domain sendiri juga dapat menambah kepercayaan calon audiens, meningkatkan peringkat Alexa Rank domain web kamu, melindungi tautan dengan password dan yang paling penting shortlink dengan domain atau sub domain sendiri tidak akan expired selama domain kamu masih aktif.

Contohnya seperti domain blog Dzuhalah ini (dzuhalah.my.id). Saya memanfaatkan satu domain murah ini menjadi multi fungsi dengan membuat sub domain (boucky.dzuhalah.my.id) untuk membuat shortlink saya sendiri. Kamu bisa lihat sendiri dibawah.

Dibawah ini terdapat satu domain dan satu sub domain shortlink. Tautan pertama adalah shortlink yang menggunakan sub domain saya sendiri (serta nama alias custom) dan tautan yang ke dua adalah shortlink dari situs tinyurl.com dengan nama alias custom juga.


Bisa di simpulkan dari ke dua shortlink di atas, bahwa shortlink yang pertama terkesan jauh lebih profesional dibandingkan dengan shortlink yang ke dua. Walaupun ke dua shortlink di atas menggunakan nama alias custom (khusus).

Cara Membuat Shortlink Pakai Domain atau Sub Domain Sendiri Secara Gratis

  1. Sebelum lanjut, pastikan kalau kamu sudah memiliki minimal satu domain atau sub domain yang tidak digunakan (kosong)
  2. Daftar atau login terlebih dahulu di https://app.short.io/ (bisa menggunakan email, akun Google atau Facebook)
  3. Kemudian kamu akan di suruh untuk memilih plan (paket) yang tersedia di situs ini. Karena disini saya sudah mempunyai domain sendiri, jadi saya memilih yang Add My Own DomainGambar Cara Membuat Shortlink Pakai Domain Sendiri Secara Gratis
    Try For Free : artinya kamu membuat shortlink gratis dengan nama domain yang sudah di sediakan, yaitu FT9.SHORT.GY.
    Buy Short Domain : membuat shortlink sendiri bagi yang belum mempunyai domain sendiri, dengan kisaran harga sebesar Rp 43.695/tahun.
    Add My Own Domain : membuat shortlink menggunakan domain atau sub domain sendiri (gratis) namun perlu menambahkan sebuah CNAME baru ke DNS Domain kamu.
  4. Kemudian kamu akan di suruh untuk mengisi kolom domain kamu. Terdapat dua pilihan, yaitu membuat shortlink dengan domain utama yang sudah digunakan untuk mengisi konten web atau blog dan yang ke dua membuat shortlink dengan sub domain yang belum pernah di buat (kosong). Ke dua pilihan ini sebetulnya sama-sama menggunakan sub domain dari domain utama kamu. Ketika kamu mengisi dengan domain utama kamu, di kolom berikutnya akan muncul beberapa kolom lagi untuk membuat sub domain baru
    Tulis domain atau sub domain tanpa http atau https.
  5. Klik Add Domain jika semua sudah sesuai dengan keinginan kamu
  6. Nah, di tahap ini kamu akan di suruh untuk memverifikasi atau meng-konfigurasikan domain atau sub domain tersebut di DSN domain kamu. Jadi silahkan kamu login ke situs tempat kamu membeli domain kemudian tambahkan sebuah CNAME baru dengan tujuan ke cname.short.io. Disini saya pakai domain dari exabytes.co.id dan contoh lengkap pengisian CNAME seperti gambar berikutGambar Cara Membuat Shortlink Pakai Domain Sendiri Secara Gratis
  7. Setelah selesai menambahkan CNAME short.io tadi, tunggu 1 hingga 2 jam sampai domain atau sub domain berhasil di konfigurasi. Tapi nyatanya sih hanya perlu waktu 5-10 menitan aja sudah aktif kok
  8. Untuk memastikan apakah domain atau sub domain telah di konfigurasi, cek kotak masuk di email kamu

Sampai di tahap ini kamu sudah berhasil membuat shortlink sendiri dengan domain atau sub domain custom milik kamu sendiri. Untuk membuat atau memperpendek tautan baru, kamu bisa masukan tautan kamu ke dalam kolom yang disediakan di bagian atas. Setelah itu klik ikon centang yang ada di sebelahnya dan kamu bisa atur sendiri nama alias yang ingin kamu gunakan.Gambar Cara Membuat Shortlink Pakai Domain Sendiri Secara Gratis

Akhir Kata

Nah, itulah tutorial cara membuat shortlink sendiri menggunakan domain atau subdomain custom sendiri secara gratis. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan. Dan untuk hasil dari shortlink yang sudah saya buat, klik disini langsung. Kalau kamu masih bingung, langsung aja tanyakan di kolom komentar.
Everything you see in this world is just a deceptive decoration.

Post a Comment

Tulislah komentar unik, jelas dan tidak mengandung LINK AKTIF atau PROMOSI.