Nama - nama dalam Berkebun Pohon Getah Karet

tanaman karet,ciri ciri pohon karet banyak getahnya,bibit karet super,jenis bibit karet yang banyak getahnya,cara membuat pohon karet banyak getahnya,bibit karet daun lima,jenis-jenis bibit karet,

bokban.my.id, Nama - nama dalam Berkebun Pohon Getah KaretBerkebun Pohon karet memiliki banyak manfaatnya salah satunya bisa sebagai simpanan di hari tua nanti bagi pemilik kebun. Berkebun pohon karet terkadang susah - susah gampang tergantung nasib dan usaha kita dalam mengelolah lahan tersebut.

Nah bagi kamu yang ingin mulai berkebun pohon karet ada beberapa nama atau istilah atau sebutan dalam berkebun pohon karet yang sebaiknya kamu ketahui sehingga bisa mempermudah kamu dalam berkebun pohon karet. Nama - nama yang saya tulis dibawah berdasarkan ditempat saya tinggal yaitu di Desa Talang Tumbur Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI ).

Nama - nama dalam Berkebun Pohon Getah Karet


1. Mantang

Mantang / nyadap / menyadap/ noreh / Njedol, masih banyak sebutan lainnya. Mantang ini biasa disebut oleh para petani untuk kegiatan rutin mereka dalam mendapatkan getah dari pohon karet, yaitu dengan melukai kulit pohon karet, disetiap petani memiliki teknik tersendiri dalam menyadap pohon karet.

2. Ngangkit

Ngangkit / ngating biasa disebut didaerah saya untuk kegiatan mengumpulkan getah dalam wadah yang sudah sadap pohon karetnya sesudah dikumpulkan biasanya langsung dicetak berbentuk persegi supaya mempermudah petani untuk mengumpulkan atau membawa ke pengepul atau toke getah.

3. Jedolan


Jedolan yaitu getah yang sudah membeku didalam wadah penampungan hasil sadapan biasanya  langsung dikumpulkan untuk langsung di cetak.

5. Sayak


Sayak adalah wadah penampungan getah yang disediakan di bawah atau ditempelkan pada pohon karet. Sayak biasanya menggunakan bekas wadah yang tidak terpakai seperti botol mineral atau bisa juga membeli sayak yang ada dipasar agar lebih praktis.

6. Bidang Sadap


Bidang sadap yaitu bekas sadapan pada kulit pohon karet yang berbentuk sehingga bekas sadapan tersebut akan menumbuhkan kulit baru yang akan bisa kita sadap kembali.

7. Ngecrut

Ngecrut biasa disebut para petani karet dalam kegiatan memberi cairan percepat pembekuan getah di sayak. Kegiatan ini dilakukan biasanya saat musim hujan tiba supaya getah yang belum beku tidak hilang karena hanyut oleh air hujan.


8. Moles

Moles atau ngobat yaitu kegiatan yang dilakukan oleh para petani karet dalam kegiatan memberi obat perangsang getah pada bidang sadapan. Pemberian obat poles ini bertujuan untuk meningkatkan hasil getah namun yang harus diperhatikan jangan sampai menggunakan obat secara berlebih serta diringin dengan perawatan pohon karet yang baik.

9. Tekayu


Tekayu yaitu proses penyadapan pohon karet yang tidak bagus seperti terlihatnya kayu pohon karet akibat garukan atau sadapan yang terlalu dalam. Jika Proses tekayu ini terjadi secara terus maka pohon karet dipastikan akan rusak dan akan sulit mengembalikan kulit baru yang bagus. Selain itu penyadapan yang tekayu bisa membuat hilangnya getah bahkan pohon karet bisa mati.


10. Garetan


Garetan yaitu getah yang membeku di bidang sadap yang berbentuk tipis seperti karet gelang. garetan ini bisa kita masukan kedalam sayak lagi untuk menambah bobot getah.

11. Tatal


Tatal merupakan bagian kulit pohon karet yang sudah disadap sehingga berbentuk seperti potongan - potongan kayu. Tatal ini tidak boleh dimasukan kedalam getah karena tatal ini sama saja kayu yang berarti bukan bagian dari getah. Namun terkadang para petani nakal yang ingin menambah bobot getah karetnya maka ia memasukan tatal tersebut. Tatal ini tidak boleh dimasukan bisa merukan mutu atau kualitas getah di mata pasaran Internasional yang dapat mempengaruhi harga getah.


12. Sudu


Sudu merupakan alat yang dapat mengalirkan getah ke wadah penampungan, biasanya para petani menggunakan sudu yang ada di pasar dan ada juga petani yang menggunakan daun pohon karet hal ini sama saja tujuannya hanya untuk mengalirkan getah ke penampungan.

13. Pisau Sadap


Pisau sadap yaitu alat yang digunakan oleh petani karet untuk menyadap pohon karet sehingga dapat menghasilkan getah dari pohon karet. Pisau sadap / mantang banyak dijumpai di toko - toko pertanian.

14. Gantol


Gantol ialah alat yang berbentu gancu, beda jika gancu itu berbentuk besar sedangkan gantol berbentuk kecil, gantol digunakan untuk mengait jedolan dalam sayak. Gantol ini bertujuan untuk mempermudah petani karet dalam mengeluarkan getah/jedolan.

Nah itulah Nama - nama dalam Berkebun Pohon Getah Karet yang mungkin kamu perlu ketahui, semoga bermanfaat. Jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.bokban.my.id

Post a Comment for "Nama - nama dalam Berkebun Pohon Getah Karet"