Candi Bumi Ayu Wisata Sejarah Di Sumatera Selatan

bokban.my.id  Asal usul Candi Bumi Ayu Tanah Abang Kabupaten Pali Sumatera Selatan. Candi Bumi Ayu merupakan peninggalan sejarah yang dimiliki oleh Sumatera Selatan.

Daya tarik yang dimiliki situs Candi Bumi ayu tidak bisa ditemukan di situs peninggalan sejarah lainnya.

Zaman dahulu  Sumatera Selatan merupakan pusat perkembang Kerajaan Sriwijaya yang terbesar di nusantara sehingga banyak meninggalkan candi – candi dan prasasti.

candi bumi ayu, candi bumi ayu pali, candi bumi ayu tanah abang, candi bumi ayu sumatera selatan, candi bumi ayu palembang, candi bumi ayu terletak di daerah, candi bumi ayu pdf, candi bumi ayu kabupaten pali, candi bumi ayu kabupaten muara enim sumatera selatan, candi bumi ayu tanah abang pali, jurnal candi bumi ayu,  candi bumi ayu pdf , makalah candi bumi ayu,  arca candi bumi ayu,  candi ratu boko terletak di, kerajaan pali, candi di bumi ayu
Candi Bumi Ayu
Situs Sejarah Candi Bumi Ayu Pali ini mungkin belum banyak dikenal diluar pulau Sumatera seperti Candi Borobudur.

Candi yang berada di Bumi Ayu tak semegah seperti Candi Borobudur yang ada di Magelang, Jawa Tengah dan Candi Prambanan Klaten, Jawa Tengah atau Candi – candi lainnya.

Candi Bumi Ayu di tanah abang ini sudah ditemukan dalam bentuk yang sedikit tidak utuh atau terpisah dan sudah tertimbun oleh tanah, Namun Candi ini merupakan salah satu aset di Sumatera Selatan dan hingga sampai sekarang.

Candi ini terus dalam tahap pengembangan tentunya didukung oleh Pemkab PALI dan Provinsi Sumatera Selatan. Karena dalam perkiraan keberadaan situs Candi Bumi Ayu memiliki lahan seluas 75 hektar.

Sejarah Candi Bumi Ayu Tanah Abang

Masyarakat sekitar Candi meyakini bahwa tempat lokasi Candi Bumi Ayu tersebut adalah bekas kerajaan gedebong udang yang berasal dari bahasa jawa. Bangunan - bangunan yang berada di sekitar kawasan dipercaya juga dulunya adalah tempat pemakaman dan pemujaan oleh agama Hindu.

Namun Candi Bumi Ayu yang diketahui adalah ditemukan oleh EP. Tombrink di tahun 1864 yang masih dalam keadaan tertimbun tanah, bertempat di pesisir sungai lematang, Kabupaten Muara Enim.

Bangunan Candi Bumi Ayu diperkirakan sudah ada sejak abad ke 7 - 15 Masehi


Peninggalan Sejarah Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu menjadi Objek Wisata di Sumatera Selatan yang wisatawannya bukan hanya dari lokal tetapi juga ada wisatawan asing.

Peninggalan candi terdapat sejumlah karya seni fragmen seperti Artefak dan Arca - arca yakni arca – arca binatang, arca perempuan berkalung, arca kepala yang berwajah raksasa, arca siwa mahaguru dan simbol hindu lainnya. 

Candi Bumi Ayu hampir semua terbuat dari batu bata merah sepeninggalan peradapan Hindu di pesisir sungai Lematang.

Candi Bumi Ayu Tanah abang merupakan destinasi wisata sejarah yang dimiliki Sumatera Selatan, Kabupaten PALI.

 

Lokasi / Tempat Candi Bumi Ayu

Salah satu peninggalan hindu satu ini bertempat di pesisir sungai lematang, tepatnya berada di desa bumi ayu, Tanah Abang, Kabupaten PALI (Penukal Abab Lematang Ilir), Provinsi Sumatera Selatan.

Jika kita dari pusat kota Palembang Lokasi Candi ini bisa ditempuh sekitar 3 – 5 jam menggunakan kendaraan mobil.

Nah sekian tentang Wisata Sejarah Candi Bumi Ayu, sudah selayaknya kita menjaga peninggalan – peninggalan hasil Purbakala yang ada di Indonesia dan kita tetap merawat, menjaga dan melestarikannya. Kunjungi terus www.bokban.my.id untuk informasi wisata menarik lainnya.

Post a Comment for "Candi Bumi Ayu Wisata Sejarah Di Sumatera Selatan"