PT DSN sawit kegiatan kolaborasi dengan masyarakat sekitar

PT DSN sawit kegiatan kolaborasi dengan masyarakat sekitar

bokban.my.id  - PT. Dharma Satya Nusantara Tbk berada di Gedung Sapta Mulia Jl. Rawa Gelam V Kav. OR/3B Kawasan Industri Pulogadung Jakarta 13930 Indonesia

Sektor perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit merupakan segmen bisnis utama Perseroan dalam beberapa tahun terakhir ini. Segmen kelapa sawit memberikan kontribusi pendapatan di atas 80% dari total pendapatan Perseroan.

Masuknya Perseroan ke dalam sektor usaha kelapa sawit tak lepas dari pesatnya perkembangan industri kelapa sawit dan produk turunannya akibat meningkatnya permintaan minyak nabati global. Perseroan mengambil peluang tersebut dan berhasil membuahkan kesuksesan sehingga menjadi salah satu perusahaan terkemuka dalam bidang industri pengolahan kelapa sawit.

Sistem manajemen perkebunan yang modern terus dikembangkan untuk memenuhi standar manajemen dan ramah lingkungan. Perseroan telah mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional, dengan memperoleh sertifikasi RSPO dan ISPO untuk operasional Perusahaan. Hal ini menguatkan komitmen Perseroan untuk menjadi Perusahaan Kelapa Sawit terdepan yang beroperasi secara berkelanjutan.

Hingga 2022, total area tertanam untuk kebun kelapa sawit DSNG, termasuk inti dan plasma mencapai 112.5 ribu hektar, dengan area produktif mencapai 106 ribu hektar, dan rata-rata usia 13.7 tahun. Saat ini, Perusahaan memiliki 12 Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dengan kapasitas mencapai 675 ton per jam.

CSR PT DSN

Komitmen DSN Group terhadap pelibatan masyarakat, kolaborasi, dan inklusi sosial berakar kuat pada visi dan tradisi para pendiri kami. Kami menekankan pengembangan mata pencaharian yang berkelanjutan dan tangguh bagi masyarakat di dalam dan di sekitar wilayah operasional kami melalui prinsip kemakmuran bersama. Dengan memasukkan komitmen ini ke dalam Kebijakan Keberlanjutan Grup kami, kami berupaya untuk memastikan bahwa komunitas-komunitas tersebut tidak hanya terlindungi, tetapi juga terus berkembang.

Pendekatan kami terhadap keberlanjutan melibatkan pemberdayaan masyarakat setempat, termasuk masyarakat adat, dan berkolaborasi dengan pemasok eksternal untuk mempromosikan praktik-praktik yang ramah lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial. Melalui inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), kami berinvestasi dalam pengembangan masyarakat dengan fokus pada pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan mata pencaharian, serta berupaya keras untuk mendukung masyarakat adat dan menciptakan peluang kerja.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat

Perseroan terus berkomitmen menumbuhkembangkan kemitraan-kemitraan kebun bersama masyarakat dan mendukung mereka melalui konsultasi dan bimbingan teknis secara terbuka dan bertanggungjawab dengan melibatkan pihak-pihak yang berkompeten, diantaranya dinas koperasi dan lembaga penyedia jasa konsultasi pajak dan keuangan.

Perseroan telah memfasiltasi pendirian dan pengembangan lembaga keuangan berbasis masyarakat berupa credit union (CU), yaitu CU Mitra Mandiri dan Blom Bea Ling di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur dan CU Satu Hati di Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan serta CU Pandulangan Bersatu di Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau.

Diharapkan keberadaaan credit union ini mampu meningkatkan kapasitas literasi keuangan serta jasa keuangan dan sosial masyarakat dalam pengelolaan potensi dan pendayagunaan peluang yang ada.

Sampai dengan September 2017, total aset CU Mitra Mandiri mencapai kurang lebih 28,7 milyar rupiah, dengan jumlah anggota mencapai 2.032 orang. Sedangkan total aset CU Blom Bea Ling mencapai kurang lebih 15 milyar rupiah, dengan jumlah anggota mencapai 1.033 orang.

Secara konsisten Perseroan terus mendukung keberlangsungan penguatan budidaya pertanian, perikanan dan usaha ekonomi rumah tangga, di antaranya melalui pemberian pelatihan, studi banding, penyediaan bibit, dan pendampingan teknis serta pembelian hasil budidaya untuk pemenuhan kebutuhan karyawan. Kegiatan ini mampu menambah sumber pendapatan dari kegiatan di luar yang berhubungan dengan perkebunan maupun pabrik kelapa sawit sebagai bagian dari upaya meningkatkan pendapatan masyarakat.

Post a Comment for "PT DSN sawit kegiatan kolaborasi dengan masyarakat sekitar"