Panduan langkah demi langkah menggunakan Visual Studio Code

 Panduan langkah demi langkah menggunakan Visual Studio Code

Panduan langkah demi langkah menggunakan Visual Studio Code

Bokban.my.id  - Seorang developer perlu memiliki code editor yang handal untuk mendukung proses pengembangan aplikasi dengan efektif. Di antara banyak pilihan, Visual Studio Code telah menjadi favorit di kalangan para developer berkat kelebihannya dalam menyediakan berbagai fitur lengkap.

Menggunakan code editor dengan fitur yang terbatas tentu akan menyulitkan. Developer harus menginstal lebih dari satu software dan sering beralih antar program. Dengan Visual Studio Code, pengembang dapat melakukan seluruh proses pembuatan script mulai dari awal hingga akhir hanya dengan satu software.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang Visual Studio Code? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa itu Visual Studio Code?

Visual Studio Code adalah sebuah perangkat lunak code editor yang dikembangkan oleh perusahaan ternama, Microsoft. Code editor ini sangat populer di kalangan para developer karena memiliki performa yang kuat. Visual Studio Code dapat digunakan untuk berbagai bahasa pemrograman.

Misalnya, kamu dapat melakukan coding dengan TypeScript, JavaScript, atau Node.js di Visual Studio Code. Selain itu, berkat beragam pilihan ekstensinya, code editor ini juga mendukung bahasa pemrograman lain seperti PHP, Python, dan .NET.

Meskipun Visual Studio Code begitu kuat, Anda tidak perlu khawatir bahwa perangkat Anda akan kesulitan saat menggunakan editor kode ini. Visual Studio Code sangat ringan untuk dijalankan dan juga tersedia secara gratis. Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini dengan berbagai pilihan sistem operasi seperti Linux, MacOS, dan Windows.

Fitur Visual Studio Code

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu kelebihan Visual Studio Code yang membuatnya sangat disukai adalah ketersediaan fitur yang lengkap. Tertarik untuk mengetahui fitur-fitur unggulan dalam perangkat lunak ini? Berikut beberapa di antaranya:

1. IntelliSense: Peningkat Efisiensi Kode di Visual Studio Code

Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses coding dapat terwujud dengan menggunakan fitur IntelliSense yang terdapat di Visual Studio Code. Fitur canggih ini akan membantu Anda memberikan saran kata untuk melengkapi instruksi dalam script yang sedang Anda kerjakan di Visual Studio Code.

Cara kerjanya serupa dengan fitur auto correct pada keyboard smartphone. Ketika Anda sedang mengetikkan sebuah kata, fitur ini akan menampilkan pilihan kata yang sesuai secara otomatis. Anda dapat memilih dari daftar saran kata yang disediakan tanpa harus menyelesaikan pengetikkan secara manual.

Fitur IntelliSense ini juga bekerja dengan baik untuk berbagai bahasa pemrograman, termasuk JSON, CSS, JavaScript, HTML, dan TypeScript. Jika Anda menggunakan bahasa pemrograman lainnya, Anda dapat menambahkan ekstensi untuk memanfaatkan kemampuan IntelliSense tersebut. Dengan begitu, pengalaman coding Anda akan semakin terbantu dan lebih produktif.

2. Pengeditan Dasar

Fitur ini menawarkan beragam alat untuk mendukung proses coding. Beberapa alat pengeditan dasar meliputi Keyboard Shortcut, Column Selection, dan Multiple Selection. Selain itu, fitur ini juga menyediakan Auto Save dan Hot Exit yang akan otomatis menyimpan file yang sedang kamu kerjakan.

3. Debugging

Dengan menggunakan Visual Studio Code, Anda dapat melakukan proses kompilasi dan eksekusi kode secara berulang dengan lebih mudah berkat fitur Debugging yang disediakan.

Namun demikian, secara default, Visual Studio Code hanya menyediakan fitur Debugging untuk bahasa pemrograman Node.js. Jika Anda ingin menggunakannya untuk bahasa pemrograman lain, Anda dapat mengunduh ekstensi yang sesuai dari Extension Marketplace.

4. Github Integration

Apakah Anda merupakan pengguna Github? Kabar baiknya, Anda dapat menggunakan Github melalui Visual Studio Code, loh. Ini karena Github telah terintegrasi dalam Visual Studio Code. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi beralih aplikasi untuk membuka Github saat coding.

5. Extension Marketplace

Berikut adalah penyedia beragam ekstensi yang telah disebutkan sebelumnya. Meskipun beberapa fitur Visual Studio Code memiliki bahasa pemrograman bawaan, kamu masih dapat menggunakan bahasa pemrograman lain dengan cara mengunduh ekstensi dari fitur ini.

Kelebihan Visual Studio Code

Kelebihan Visual Studio Code tidak hanya terbatas pada fitur-fitur lengkapnya, namun ada juga beberapa aspek unggul lainnya yang perlu dicatat, di antaranya sebagai berikut:

1. Multi Platform

Visual Studio Code sangat fleksibel karena bisa digunakan di berbagai platform. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini pada perangkat berbasis sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Sekarang, kamu tidak akan lagi terbatas oleh perangkat yang tidak mendukung software code editor.

2. Menyediakan Fitur yang Lengkap

Tidak perlu dijelaskan terlalu panjang, ulasan mengenai fitur Visual Studio Code di atas seharusnya sudah memberikan gambaran yang cukup tentang kelengkapannya. Fitur-fitur yang telah dijelaskan bahkan masih dapat diperluas menjadi lebih kompleks. Untuk mendapatkan fitur tambahan, cukup unduh melalui Extension Marketplace.

3. Mendukung Banyak Bahasa Pemrograman

Anda dapat membuat kode skrip menggunakan berbagai bahasa pemrograman di Visual Studio Code. Ada berbagai bahasa yang tersedia secara default, dan Anda juga dapat menambahkan bahasa pemrograman lain secara gratis melalui ekstensi. Keunggulan ini membuat Visual Studio Code menjadi pilihan yang lebih unggul dibandingkan dengan editor kode lainnya.

4. Tersedia Gratis

Jika Anda baru memulai belajar coding, Visual Studio Code adalah pilihan yang tepat untuk mendukung eksplorasi pemrograman Anda. Code editor ini bersifat open source, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja tanpa biaya. Selain itu, semua pengguna juga dapat berkontribusi dalam mengembangkan Visual Studio Code.

5. Performa Cepat

Pada akhirnya, keunggulan dari Visual Studio Code ini merupakan hal yang paling banyak dicari oleh para pengembang. Dengan berbagai fitur kompleksnya, Visual Studio Code tetap memberikan kinerja yang cepat. Bahkan ketika Anda mengunduh berbagai ekstensi atau melakukan banyak pekerjaan, Visual Studio Code tetap dapat berfungsi secara optimal.

Tutorial Cara Menggunakan Visual Studio Code

Setelah mengetahui daftar kelebihan Visual Studio Code di atas, apakah Anda tertarik untuk menggunakannya? Tetapi jangan terburu-buru, pastikan Anda memahami cara menggunakan Visual Studio Code sebelum mulai melakukan coding. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pasang Visual Studio Code di perangkatmu. Kamu bisa mengunduh Visual Studio Code melalui situs resminya. Pilih installer yang sesuai dengan platform perangkat yang kamu gunakan. Setelah itu, lakukan instalasi dan tunggu hingga proses selesai.
  2. Mulailah membuat atau mengedit kode. Setelah menginstal Visual Studio Code, kamu dapat membuka file yang sudah ada dengan menekan shortcut Ctrl + O atau Ctrl + P. Untuk membuat lembar kerja baru, cukup tekan Ctrl + N.
  3. Ubah dan pilih bahasa pemrograman. Tentukan bahasa pemrograman yang ingin digunakan dengan kombinasi Ctrl + K, lalu lanjutkan dengan menekan M. Kemudian, pilih salah satu bahasa pemrograman dari tampilan yang disediakan.
  4. Simpan file. Meskipun fitur Auto Save sudah ada, kamu tetap dapat menyimpan file secara manual untuk menentukan lokasi penyimpanan yang sesuai. Gunakan kombinasi Ctrl + S untuk menyimpan file.
  5. Jalankan hasil kode. Setelah selesai membuat script code, kamu dapat menjalankannya. Caranya adalah masuk ke menu Run di bagian atas, lalu pilih opsi Start Debugging atau Run without Debugging.
  6. Hanya di Visual Studio Code kamu akan menemukan perpaduan fitur lengkap dengan performa cepat. Selain itu, fitur IntelliSense dan Extension Marketplace yang ditawarkan oleh Visual Studio Code tidak dapat ditemukan pada code editor lainnya.

Tertarik untuk mencoba Visual Studio Code? Sempurnakan pengalaman menggunakan editor kode yang powerful ini dengan layanan hosting berkualitas, sehingga kode-kode yang Anda buat dapat berjalan tanpa kendala.

Post a Comment for "Panduan langkah demi langkah menggunakan Visual Studio Code"