Contoh peralatan kantor nonlembaran adalah

bokban.my.id  Contoh peralatan kantor nonlembaran adalah - Peralatan kantor nonlembaran adalah peralatan yang digunakan di kantor namun tidak termasuk dalam kategori lembaran atau kertas.

Peralatan Golongan Non-Lembaran

Contoh peralatan kantor nonlembaran adalah

a.)    Ordner

Ordner adalah salah satu peralatan golongan non-lembaran yang termasuk dalam kategori map berukuran besar dengan lebar punggung sekitar 5 cm. Di tengah-tengah ordner terdapat besi penjepit yang berfungsi untuk menahan dokumen dan surat. Sebelum dimasukkan ke dalam ordner, dokumen dan surat perlu dilubangi terlebih dahulu menggunakan perforator. Ordner terbuat dari bahan karton tebal yang bertujuan agar kokoh saat diletakkan dalam posisi berdiri di dalam lemari arsip. Pada umumnya, ordner mampu menampung hingga 5000 lembar dokumen. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan dokumen menggunakan ordner adalah:

1.) Deat Space, yaitu bagian yang tidak digunakan untuk menyimpan dokumen

2.) Expansion Space, yaitu bagian dari ordner yang dapat digunakan untuk menampung dokumen dan tambahan dokumen dari waktu ke waktu bila diperlukan

3.) Paper Thickness, yaitu tebalnya media informasi

4.) Folio Thickness, yaitu tebal keseluruhan media, informasi, dan holder keseluruhan

5.) Access Room, yaitu jarak antar file yang berguna untuk memudahkan pengambilan dan penyimpanan file

b.) Pulpen

Pulpen digunakan untuk kegiatan menulis dan dapat digunakan kapan saja diperlukan. Penting untuk menyediakan pulpen yang dapat digunakan dalam kondisi baik.

c.) Filling Cabinet

Filling cabinet adalah lemari yang digunakan untuk menyimpan dokumen dan sebelum dimasukkan, dokumen perlu dikelompokkan berdasarkan ketentuan yang sudah dibuat. Filling cabinet terdiri dari beberapa laci, biasanya 4 atau 5 laci dan masing-masing laci dapat menampung hingga 5000 lembar dokumen surat bila disusun secara vertikal. Filling cabinet digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen yang bersifat aktif dan dokumen tersebut perlu dimasukkan ke dalam folder gantung sebelum dimasukkan ke dalam filling cabinet. Jumlah dokumen yang disimpan di dalam filling cabinet sebaiknya tidak terlalu banyak untuk mengurangi risiko kerusakan dan memudahkan pencarian dokumen bila dibutuhkan. Filling cabinet umumnya terbuat dari logam atau plastik dan dilengkapi dengan beberapa bagian seperti:

1.) Tab, yaitu bagian menonjol pada map untuk mencantumkan jenis dokumen, kode, atau sesuatu yang mengandung petunjuk mengenai dokumen yang disimpan.

2.) Sekat (Guide), yaitu pemisah yang digunakan di antara jenis dokumen yang disimpan.

d.) Lemari Arsip

Lemari arsip digunakan sebagai tempat penyimpanan dokumen dan dapat terbuat dari kayu atau besi. Dokumen yang ada di dalam lemari arsip dapat diletakkan secara berdiri menyamping (lateral) setelah dokumen disusun dalam ordner atau secara mendatar, tergantung pada kebutuhan penyimpanan dokumen.

e.) Rotary Filling System

Rotary filling system mirip dengan filling cabinet, namun digerakkan dengan diputar sehingga memudahkan pencarian dan penyimpanan

f.) Komputer dan perangkat keras: Komputer, laptop, printer, scanner, mouse, keyboard, dan perangkat lainnya adalah peralatan kantor nonlembaran yang penting untuk kegiatan sehari-hari di kantor.

g.) Meja dan kursi: Meja dan kursi adalah peralatan kantor yang sangat penting karena karyawan menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer mereka. Pilihlah meja dan kursi yang ergonomis untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas.

h.) Peralatan presentasi: Proyektor, layar proyektor, dan speaker adalah contoh peralatan kantor nonlembaran yang berguna untuk presentasi atau pertemuan.

i.) Peralatan telekomunikasi: Telepon, fax, dan ponsel adalah contoh peralatan kantor nonlembaran yang penting untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau mitra bisnis.

J.) Peralatan kebersihan: Vacuum cleaner, sapu, kain pel, dan penghapus debu adalah peralatan kantor nonlembaran yang penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di tempat kerja.

Itulah beberapa contoh peralatan kantor nonlembaran. Peralatan ini penting untuk menjalankan kegiatan sehari-hari di kantor dan meningkatkan produktivitas karyawan.

Post a Comment for "Contoh peralatan kantor nonlembaran adalah"