Tempat wisata di bukittinggi sumatera barat

wisata sumatera barat,pantai di padang,wisata sumbar,paket tour padang,paket tour padang 3 hari 2 malam,wisata solok,lembah harau payakumbuh,lobang jepang bukittinggi sumatera barat,pulau mandeh padang,danau biru sawahlunto

bokban.my.id  tempat wisata di bukittinggi sumatera barat - Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal memiliki wisata alam yang mengagumkan. Bali adalah salah satu pulau sekaligus provinsi di Indonesia yang keindahan tempat-tempat wisatanya sudah terkenal hingga mancanegara. Selain itu juga ada Pulau Lombok sebagai destinasi wisata favorit para wisatawan asing karena menyuguhkan keindahan dan keelokan alam yang memesona.

Indonesia kini tidak hanya dikenal dari kedua pulau tersebut. Nama pulau-pulau lain di Indonesia mulai terkenal sebagai tujuan wisata alam yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Pulau Sumatera. Pulau di bagian paling barat Indonesia ini terdiri dari beberapa provinsi yang memiliki bentangan alam menakjubkan yang sanggup memanjakan mata. Potensi alamnya mulai banyak dikembangkan hingga menjadi tempat pariwisata berskala nasional.

Salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang terkenal akan wisatanya adalah Sumatera Barat. Provinsi ini terletak di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah. Provinsi seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi lain yaitu Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Bengkulu.

Letak provinsi ini yang berada di jalur pantai membuat wisata di Sumatera Barat kebanyakan adalah wisata pantai. Sementara beberapa tempat lain di Sumatera Barat juga menawarkan wisata alam berupa lembah, danau hingga air terjun.

Berikut 11 tempat wisata di bukittinggi sumatera barat yang Wajib Dikunjungi

Pantai Padang

Sebagai wilayah yang berada di pesisir, rekomendasi tujuan wisata pertama di Sumatera Barat tentu saja pantai. Ada Pantai Padang. Pantai ini terletak di pusat kota Padang. Masyarakat setempat menyebut pantai ini Tapi Lauik atau juga sering disingkat Taplau. Pemandangannya yang sangat indah bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu setelah lelah beraktivitas. Pengunjung tidak hanya akan dimanjakan panoramanya, tapi juga sajian kuliner khasnya. Beberapa warung tenda berdiri di tepi pantai yang menyajikan banyak menu makanan lezat.

Janjang Seribu

Jika belum berkesempatan mengunjungi tembok besar yang terkenal di Cina, Anda bisa mencoba dulu ke tempat ini. Janjang Seribu disebut sebagai great wall-nya Sumatera Barat. Pastikan stamina Anda sedang dalam kondisi prima ketika berkunjung ke sini. Pasalnya, Anda harus melewati bangunan ini sepanjang kurang lebih 1 kilometer dengan banyak tangga. Tempat wisata di Sumatera Barat ini dikelilingi perbuktian hijau yang akan menyegarkan mata selama perjalanan.

Jam Gadang

Belum lengkap rasanya ke Sumatera Barat jika belum datang ke tempat wisata ikonik yang satu ini. Jam Gadang adalah bangunan tugu tinggi yang di ujung atasnya terdapat jam serta miniatur rumah Gadang. Bangunan yang ada di kota Bukit Tinggi ini termasuk dalam bangunan sejarah karena sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Jangan sampai terlewat mengabadikan momen ketika di tempat ini. Anda juga bisa mengunjungi Pasar Bukit Tinggi yang berlokasi tak jauh dari Jam Gadanguntuk berbelanja barang mudah dan bagus sebagai buah tangan.

Kepulauan Mentawai

Beralih kembali ke wisata alam. Sumatera Barat memiliki destinasi wisata bertaraf internasional, yaitu Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai mencakup empat pulau utama yaitu PulauSipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, serta Pulau Pagai Selatan. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di salah satu tujuan wisata di Sumatera Barat ini. Anda bisa melakukan aktivitas laut seperti surfing dan snorkeling. Sementara jika ingin suasana yang berbeda, Anda bisa coba aktivitas tracking yaitu menelusuri hutan pedalaman tropis yang masih asri.

Puncak Lawang

Bosan dengan wisata pantai, Anda bisa mencoba pengalaman baru mendaki salah satu dataran tinggi terkenal di Sumatera Barat, yaitu Puncak Lawang. Puncak Lawang ada di ketinggian 1.210 mdpl dan bertempat di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam. Dari atas puncak, Anda bisa menikmati pesona alam berupa perbukitan hijau, perkebunan, hutan pinus serta pemandangan Danau Maninjau. Kawasan Puncak Lawang ini sering dijadikan tempat penyelenggaraan festival paralayang tingkat internasional.

Danau Maninjau

Berbicara tentang Danau Maninjau yang bisa dinikmati dari Puncak Lawang, tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjunginya langsung. Danau Maninjau tepatnya ada di KecamatanTanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau vulkanik yang ada di ketinggian 461,5 meter di atas permukaan laut ini memiliki luas 99,5 km² dan kedalaman 495 meter. Bagian paling indah dari tempat wisata di Sumatera Barat ini adalah pemandangannya ketika sore. Jika tidak sedang mendung, air danau terlihat seolah naik dan menembus langit melalui celah cahaya.

Lembah Anai

Setelah pantai dan danau, wisata alam Sumatera Barat paling direkomendasikan selanjutnya adalah Lembah Anai. Lembah Anai merupakan air terjun yang sangat populer di tanah Minang ini. Lokasinya berada di pinggir jalan lintas Padang-Bukit Tinggi sehingga sangat mudah dijangkau. Air terjun Lembah Anai memiliki ketinggian 40 meter dengan debit air yang lumayan besar. Airnya yang jernih dan dingin membuat udara di sekitarnya jadi sejuk.

Pantai Air Manis

Siapa yang tak kenal dengan cerita legenda Malin Kundang? Jejak-jejak legenda tersebut bisa ditemukan di Pantai Air Manis. Masyarakat setempat juga menyebut pantai ini dengan nama lain yaitu Pantai Aie Manih. Di sini, Anda dapat menyaksikan langsung sebuah batu yang berbentu seperti orang yang tertelungkup. Batu ini dipercaya sebagai batu jelmaan si anak durhaka Malin Kundang akibat kutukan ibunya. Mengunjungi tempat wisata di Sumatera Barat ini sekaligus bisa menjadi bahan pembelajaran dan nilai moral.

Istana Pagaruyung

Tidak hanya wisata alam dan sejarah, Sumatera Barat juga bisa jadi tujuan wisata budaya. Istana Pagaruyung salah satunya. Istana ini juga biasa disebut Istana Baso yang terletak di kecamatan Tanjung Emas, kabupaten Batusangkar. Di dalam istana ini masih tersimpan beberapa benda peninggalan keluarga kerajaan Minangkabau yang masih terawat dengan baik. Bangunannya juga masih terjaga keasliannya dengan kekhasan Minangkabau.

Lembah Harau

Jika di kabupaten Agam ada Janjang Seribu yang mirip tembok besar Cina, maka di kota Payakumbuh ada Lembah Harau. Panorama alam tempat ini sekilas mirip Grand Canyon di Amerika. Bentuk topografi Lembah Harau berbukit dan bergelombang. Keindahan alam lain yang bisa dinikmati adalah air terjun, tebing, beberapa gua dan cagar alam bagi hewan-hewan dilindungi. Anda bisa mencoba sensasi berteriak dan mendengar suara gemanya secara sempurna di salah satu tempat wisata Sumatera Barat ini.

Tirta Alami

Tidak ada salahnya mengakhiri perjalanan di Sumatera Barat dengan memanjakan diri mandi di pemadian alam. Tirta Alami adalah tujuan terbaiknya. Kolam-kolamnya terbuat dari batu alam, sementara airnya berasal dari Gunung Tandikek. Airnya yang segar dan dingin mampu melemaskan otot yang tegang akibat kelelahan. Beberapa aktivitas lain juga bisa dicoba di tempatwisata Sumatera Barat ini, seperti flying fox dan ATV road.

Sebelas tempat wisata di bukittinggi sumatera barat tadi bisa menjadi tujuan ketika berlibur ke tanah Minang. Sumatera Barat menawarkan sejuta keindahan yang tidak akan habis jika dijelajahi. Pesona budaya, sejarah serta keramahan penduduknya menjadikan Sumatera Barat sebagai tujuan wisata favorit. Nah jika kamu ingin mengetahui tempat - tempat wisata lainnya kamu bisa mengunjungi www.bokban.my.id   ya.

Post a Comment for "Tempat wisata di bukittinggi sumatera barat"