Analisa Trading Emas yang Tepat

analisa harga emas hari ini,analisa emas,xauusd news hari ini,analisa xauusd hari ini,indikator trading emas akurat,jam trading gold terbaik,kenapa xauusd tutup,cara analisa pergerakan harga emas

bokban.my.id  Analisa Trading Emas yang Tepat - Emas bagi sebagian orang merupakan alat investasi yang menjanjikan sejak dulu kala. Namun kini hal tersebut dilakukan tidak lagi dengan transaksi di toko perhiasan, namun melalui trading. Oleh karena itu, perhatikan beberapa langkah melakukan analisa trading emas. 

Kelebihan Trading Emas 

Emas digandrungi untuk dijadikan benda investasi, baik dulu maupun sekarang, karena harga jual maupun belinya dianggap lebih stabil. Berikut ini adalah beberapa kelebihan melakukan trading emas di pasar: 

  1. Bebas risiko kehilangan. Resiko trading emas online dalam transaksinya tidak ada pengiriman yang dilakukan secara fisik. Dengan begitu, para trader tak perlu khawatir akan jaminan keamanan dan kehilangan. 
  2. Likuiditas yang tinggi. Emas fisik lebih susah dijual. Sedangkan versi online-nya mudah mengalami likuiditas. Para Trader trading emas bisa melakukan transaksi dengan nominal besar supaya keuntungan yang diraup lebih banyak. 
  3. Fasilitas Leverage. Hal ini ini dapat membuat trading tanpa membayar penuh. Alhasil, memungkinkan untuk trader yang tak memiliki banyak modal ikut bergabung. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Emas 

Di saat sedang trading emas, harga emas di pasaran dari waktu ke waktu cenderung selalu mengalami kenaikan. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang lebih suka menyimpan kekayaan dalam bentuk emas daripada berbentuk uang atau menabung di bank. 

Sebelum menerapkan dan melakukan analisa trading emas, ada baiknya seorang trader mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga barang tersebut di pasaran. Berikut adalah beberapa diantaranya: 

  1. Inflasi. Nilai mata uang dari tahun ke tahun cenderung menurun, sehingga emas bisa diandalkan sebagai aset pelindung kekayaan ketika inflasi memburuk. Harganya pun terus mengalami peningkatan. 
  2. Mata uang dollar Amerika Serikat. Harga satuan emas di kurskan dengan US dollar. Ketika data ekonomi Amerika Serikat memburuk, justru harga emas akan mengalami kenaikan. 
  3. Krisis global. Harga barang cenderung naik ketika masyarakat tak percaya terhadap kondisi finansial global. Biasa terjadi karena konflik geopolitik sehingga harga emas sebagai save – have naik tajam. 

Analisis Fundamental dalam Trading Emas 

Sebelum melakukan trading emas fundamental, Anda harus memiliki pengetahuan ekonomi makro, terutama dalam hal kebijakan fiskal dan moneter. Hal ini sangat dipengaruhi oleh keadaan keuangan dollar Amerika Serikat sebagai acuan harga emas. 

Analisis fundamental dalam trading emas menggunakan berita-berita penting seperti isu-isu politik di negara tempat tinggal dan US sebagai penentu harga emas. Seperti halnya kala krisis moneter 1998, saat rupiah anjlok terhadap dollar karena krisis moneter. 

Pilih salah satu momen politik yang akan mempengaruhi ekonomi dunia. Lakukan trading emas ini setidaknya H-1 peristiwa penting tersebut. Sebelumnya, buatlah persiapan matang dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

  • Buat tren untuk jangka pendek, dengan rata-rata pergerakan 10 hari untuk mengetahui grafik naik atau justru turun 
  • Masuk akun trading dan pasang perdagangan selama 5 menit 
  • Tentukan batas dan stop sebagaimana rasio risiko 
  • Kelola perdagangan dengan mempertimbangkan menutup setengah posisi di level target 
  • Pindahkan stop naik ke level target bila terdapat banyak momentum 

Strategi Trading Emas Jangka Pendek (Scalping Gold) 

Strategi trading emas jangka pendek tidak memberikan banyak keuntungan, seperti pada musim-musim tertentu.  Namun hal ini bisa dibilang cukup stabil. Biasanya dilakukan per harian atau mingguan. Analisisnya bisa dilakukan melalui strategi berikut ini: 

  • Tentukan harga tertinggi, terendah, dan penutupan emas pada hari sebelumnya 
  • Masukkan harga-harga tersebut ke rumus pivot point (rerata dari penjumlahan harga high, low, dan close) 
  • Lakukan trading emas ketika pembukaan sesi London atau New York pada 14.00 (summer) dan 15.00 WIB (winter) 
  • Buka posisi sebesar 1 lot dengan leverage maksimal 1:100 dengan modal antara US$ 500-1000 
  • Buka posisi buy setelah 15 menit harga berada di atas pivot point 
  • Buka posisi sell setelah 15 menit harga berada di bawah pivot point 
  • Batalkan pembukaan posisi jika harga terlalu dekat dengan level support/resistance pertama 
  • Penempatan stop-loss 50 – 100 pips di atas pivot point (sell) dan dibawahnya (buy) 
  • Tempatkan take profit di support 1 (sell) dan di resistance I (buy) 

Strategi Trading Emas Jangka Menengah (Swing Trading) untuk Open Buy 

Bagi para trader yang malas merasakan ketegangan tiap hari, bisa menggunakan cara trading emas ini dengan jangka waktu menengah Anda bisa membuka maupun menutup posisi sebanyak satu kali pada setiap bulan selama satu siklus musim. 

Nilai emas cenderung mengalami peningkatan pada tiap bulan Januari, Februari, Agustus, September, November, dan Desember. Jadi pada trading jangka menengah ini fokus pada deteksi untuk buka posisi buy secara optimal. Langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu: 

  • Ambil contoh dari bulan September. Tarik Fibonacci Retracement di awal bulan untuk pergerakan harga selama sebulan sebelumnya 
  • Perhatikan garis Fibonacci 0,5 atau 0,6 sampai pergerakan emas mundur hingga kedua garis tersebut, 
  • Buka posisi pembelian (buy) dengan Stop Loss berada di level terendah sebelumnya 
  • Tentukan target Take Profit (TP) sebagaimana garis Fibonacci 0, atau biarkan mengambang dengan dilengkapi Trailing Stop hingga akhir bulan.

Strategi Trading Emas Jangka Menengah (Swing Trading) untuk Open Sell 

Posisi sell bisa dibuka pada bulan Maret dan Oktober yang mana nilai emas cenderung mengalami penurunan. Trading emas jangka menengah ini fokus pada pembukaan penjualan. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain: 

  • Ambil contoh dari bulan Oktober. Tarik Fibonacci Retracement di awal bulan untuk pergerakan harga selama sebulan sebelumnya 
  • Perhatikan garis Fibonacci 0,5 atau 0,3 sampai pergerakan emas meningkat hingga kedua garis tersebut.
  •  Buka posisi penjualan (sell) dengan Stop Loss berada di level tertinggi sebelumnya. 
  • Tentukan target Take Profit (TP) sebagaimana garis Fibonacci 0, atau biarkan mengambang dengan dilengkapi Trailing Stop hingga akhir bulan. 

Cara Cepat Melakukan Trading Emas 

Cara analisis trading emas dengan cara fundamental, scalping, maupun swing, bagi sebagian trader apalagi yang pemula, cukup rumit karena menggunakan beberapa indikator. Berkat kemajuan teknologi, Anda bisa melakukannya dengan mudah, berikut langkah-langkahnya: 

• Masuk pada akun trading emas

• Nyalakan sinyal OTA Trading 

• Ikuti semua instruksi dan saran dari OTA Trading yang meliputi Entry Point, Stop Loss (SL), dan Take Profit (TP) 

OTA Trading telah menggunakan teknologi tingkat tinggi Artificial Intelligence (AI) sehingga hasil yang diperoleh tidak asal-asalan. Sistem tersebut mampu mengolah maupun memilih indikator terbaik untuk digunakan dalam analisis pergerakan harga atau trading emas. 

OTA Trading membuat para trader tidak perlu pusing melakukan analisa serta memilih indikator terbaik yang harus digunakan. Jika proses analisis dapat keluar hasilnya dengan cepat, otomatis Anda tak perlu waktu lama untuk melakukan transaksi. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk menjadi trader emas? 

Begitulah cara-cara yang bisa dilakukan dalam analisa trading emas. Jika tidak paham, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu dengan demo account. Jika dirasa sudah mahir cobalah mengaplikasikannya pada akun riil.

apa itu investasi dan cara memulainya

Post a Comment for "Analisa Trading Emas yang Tepat"