5 Jenis Alat Alat Pertukangan Kayu dan Kegunaannya

Alat pertukangan kayu manual

Jenis Alat Alat Pertukangan Kayu dan Kegunaannya - Dalam dunia pertukangan, mengetahui alat alat pertukangan kayu dan kegunaannya merupakan hal yang penting. Sebab ini merupakan sebuah hal mendasar yang meski harus diketahui oleh tukang kayu. Dunia pertukangan berkembang cukup pesat hingga beralih dari bahan tradisional ke modern. Banyak sekali alat-alat pertukangan yang beralih dari bahan-bahan tradisional berubah menjadi bahan modern. Inilah yang sudah kerap terjadi di dalam dunia pertukangan kayu. 

Alat pertukangan kayu manual

Alat pertukangan kayu apa saja? Alat Tukang Kayu seperti Pahat, Pengukir, Pahat Tangan, Hooking Tools, Cone, Thousand - Piece Threader, Marking Gauge. Terkait dengan jenis-jenis alat dan kegunaannya akan diuraikan dalam pembahasan berikutnya.

Beberapa hal yang penting diketahui terkait dengan alat alat pertukangan kayu dan kegunaannya adalah sebagai berikut:

Gergaji

Pembahasan tentang alat ini memang sangat menarik untuk dilakukan. Khususnya terkait degan perkembangan alat dan fungsi yang ada pada alat ini. Gergaji memiliki fungsi untuk memotong sesuatu seperti kayu. Semua jenis ukuran kayu dapat diselesaikan dengan menggunakan alat ini. Menurut perkembangannya gergaji berubah dari yang masih manual berubah menjadi bahan mesin. Jadi Anda akan mudah melakukan pekerjaan pemotongan kayu dengan menggunakan bantuan alat pertukangan ini.

Meteran

Dalam melakukan pengolahan sebuah kayu, fungsi meteran adalah untuk mensimetriskan ukuran dan bentuk kayu. Ketika kayu akan diolah menjadi sebuah kursi atau meja, maka kegunaan meteran sebagai alat ukur akan sangat sesuai. Tujuannya adalah untuk memperoleh kesesuaian ukuran kursi, meja, almari atau yang lainnya sehingga pas untuk digunakan.

Mesin serut kayu

Pembahasan ketiga ini mengarah kepada pembahasan peralatan mesin pertukangan kayu modern. Nama alat ini adalah mesin serut kayu, seperti namanya alat ini berfungsi sebagai penghalus kayu yang akan dimanfaatkan. Terutama untuk menghilangkah kulit kayu dan menghaluskan permukaan kayu. Jadi alat ini sangat bermanfaat, terutama untuk menghasilkan olehan bahan kayu yang terbaik dalam membuat sesuatu.

Mesin Bor

Alat pertukangan jenis ini bermanfaat untuk para tukang kayu khususnya untuk memberi lobang pada kayu. Kemudian lobang yang sudah dibuat ini dimasuki paku dipukul dengan menggunakan palu. Kayu akan tidak mudah pecah dan akan memberikan hasil yang lebih rapi.

Pahat

Jenis alat yang satu ini bernama alat pahat yang sangat penting untuk membentuk sebuah kayu. Misalnya dapat dijadikan tukang untuk membuat patung, ukiran pada kayu dan lainnya. Jika Anda berprofesi sebagai pemahat kayu, maka alat ini sangat bermanfaat untuk Anda tukang kayu.

Alat alat pertukangan kayu dan kegunaannya akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Indikasi ini sudah terjadi misalnya pada mesin serut kayu. Dulunya alat ini masih berupa alat pertukangan berjenis tradisional dan sekarang sudah berubah menjadi mesin serut mesin. Jadi perkembangan peralatan tukang kayu memang akan selalu terjadi dan berkembang.

Post a Comment for "5 Jenis Alat Alat Pertukangan Kayu dan Kegunaannya"