Jenis Peralatan Tukang Kayu untuk Mebel

Peralatan tukang mebel

Peralatan Tukang Kayu Mebel - Penggunaan mebel kian diminati karena dapat mempermanis tampilan ruang tamu ataupun ruang keluarga dan bisa membuat nyaman para penghuni rumah. Namun begitu, pembuatan mebel hanya bisa dilakukan para tukang kayu yang memiliki keahlian khusus. Hal ini karena tingkat kesulitan dalam membuat mebel cukup tinggi. 

Peralatan tukang mebel

Apa saja peralatan yang digunakan oleh tukang kayu? Alat Tukang Kayu mebel seperti Pahat, Pengukir, Pahat Tangan, Hooking Tools, Cone, Thousand - Piece Threader, Marking Gauge. Diperlukan banyak alat untuk membuat mebel dengan hasil yang baik. Lalu, alat apa saja yang dibutuhkan oleh para tukang kayu dalam membuat mebel? Berikut jenis peralatan tukang kayu yang digunakan untuk membuat mebel.

Gergaji Belah dan Potong

Mesin gergaji belah biasanya digunakan untuk membelah papan yang lebar ataupun kayu log. Alat ini dapat bekerja menggunakan mata pisau yang berbentuk lingkaran dengan bekerja pada porosnya. Mesin akan berputar secara otomatis menggunakan sabuk yang dapat berjalan sehingga bisa menghantarkan kayu agar melewati pisau pembelah. Sedangkan mesin gergaji potong adalah yang memiliki pisau yang bentuknya pita elastis sehingga dapat diatur sudut potongnya secara fleksibel.

Mesin Serut atau ketam

Mesin ketam ini mempunyai empat mata kikir dan dapat menghaluskan empat sisi pada kayu secara bersamaan dan tingkat kehalusannya sangat bagus karena mendekati hasil amplas. Mesin ini tergolong modern karena proses menyerut kayu dapat dilakukan dengan lebih mudah dan sangat cepat sehingga proses pembuatan mebel juga memerlukan waktu yang tidak terlalu lama.

Mesin Bor

Mesin bor ini merupakan salah satu jenis peralatan tukang kayu tergolong mesin yang sudah dikenal sejak lama, fungsinya untuk membuat lubang dowel, pen, dan sekrup. Mesin bor ada yang konvensional dan modern, tentunya mesin bor yang modern lebih canggih dan bisa membuat lubang dengan jumlah yang banyak sekaligus dan ada cara untuk memprogram sehingga tukang lebih dipermudah.

Mesin Router Kayu

Mesin router kayu ini memiliki kinerja mirip dengan bor, akan tetapi mesin ini punya mata pisau yang berbeda sehingga dapat digunakan untuk membantu dalam pembuatan ulir atau alur pada kayu. Mesin ini mempunyai kecepatan yang lebih daripada mata bor. Hanya saja pada mesin router memiliki tingkat ketajaman yang lebih rendah.

Mesin Amplas Kayu

Mesin amplas merupakan salah satu mesin yang dapat menghaluskan kayu sehingga dapat menghasilkan kayu yang tidak berserat sama sekali di permukaannya. Pada mesin amplas kayu ini juga terdapat kertas amplas seperti pada umumnya. Akan tetapi, mesin amplas ini bisa bekerja dengan cepat daripada tenaga manusia. Mesin yang modern tentunya sangat membantu dan menghemat energi manusia sehingga lebih efektif dan efisien.

Itulah beberapa jenis peralatan tukang kayu untuk mebel yang biasanya diperlukan para tukang kayu. Mesin-mesin yang modern memang sangat membantu dan mempermudah para tukang kayu untuk mempercepat proses produksi mebel. Selain itu mebel juga akan lebih mendapatkan hasil yang lebih rapi dan berkualitas tinggi.

Post a Comment for "Jenis Peralatan Tukang Kayu untuk Mebel"