Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Kemarau agar hasilnya maksimal

Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Kemarau

bokban.my.id, Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Kemarau 
Musim kemarau seperti yang kita ketahui dimana curah hujan hanya sedikit bahkan sangat jarang sehingga menyebabkan kondisi alam yang sangat panas dalam jangka waktu tertentu. Saat musim kemarau tiba kondisi alam menjadi lebih meningkat sehingga banyak tanaman / tumbuhan bahkan hewan pun banyak yang kekeringan dan mati.

Musim kemarau juga berdampak pada seorang petani karet yang menyebabkan daun pohon karet berguguran secara serentak, hal ini merupakan sifat alami dari tumbuhan dalam mengugurkan daunnya untuk bertujuan mengurangi penguapan.

Nah jika daun pohon karet berguguran membuat getah yang dihasilkan oleh pohon karet dapat menurun drastis sehingga membuat para petani tidak dapat memperoleh penghasilan seperti biasanya. Sehingga tak banyak petani yang mencari penghasilan tambahan selain sebagai petani karet.

Berikut ini Beberapa Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Kemarau :


1. Menyadaplah pohon karet pada saat waktu fajar/pagi, jadi semakin pagi proses penyadapan maka getah yang dihasilkan juga semakin meningkat.

2. Melakukan Pemupukan secara teratur supaya kondisi pohon karet tetap sehat bila di lakukan proses penyadapan yang terus menerus.

3. Rajin membersihkan hama, gulma di sekitar pohon karet yang juga mengakibatkan nutrisi makanan pohon karet terserap oleh hama/ gulma.

4. Menggunakan Obat poles / perangsang getah, harap berhati - hati dalam menggunakan obat poles ini alih - alih untuk memperbanyak getah, nanti malah membuat si pohon karet mati. Jika menggunakan obat poles proses penyadapan biasanya tidak boleh dilakukan setiap hari minimal 2 - 3 hari dalam 1 minggu untuk tidak disadap, jika dilakukan setiap hari pohon karet bisa stres dan mati getah. Selain itu lakukan tips yang ada di poin 2 dan 3.

5. Banyak - banyak bersyukur, jika kita dapat mensyukuri apa yangt kita dapat niscaya Tuhan akan menambah nikmat itu sendiri.

Nah sekian itulah beberapa Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Kemarau semoga bermanfaat, jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengakses di www.bokban.my.id

Post a Comment for "Tips Menyadap Pohon Karet Saat Musim Kemarau agar hasilnya maksimal"