Penyebab Kulit Pohon Karet Keras Saat di Sadap

tanaman karet,ciri ciri pohon karet banyak getahnya,bibit karet super,jenis bibit karet yang banyak getahnya,cara membuat pohon karet banyak getahnya,bibit karet daun lima,jenis-jenis bibit karet,

bokban.my.id, penyebab kulit pohon karet keras - Pohon Karet merupakan pohon yang bisa menghasilkan getah karet dengan cara di sadap, seperti yang dilakukan oleh para pertani karet. Struktur Pohon Karet yaitu pohon yang memiliki tinggi yang bisa mencapai 20 meter jika sudah tua, memiliki daun dan cabang yang banyak serta memiliki motif warna pohon yang berbeda - beda.

Selain itu Pohon Karet memiliki ketebalan kulit yang berbeda - beda pada setiap pohonnya, Terkadang kulit pohon karet juga sangat keras ketika disadap, lalu apa saja yang menyebabkan itu ?

Penyebab Kulit Pohon Karet Keras Saat Di Sadap


1. Bibit Pohon Karet

Yang pertama adalah bibit pohon karet, karena saat pemilihan bibit pohon karet kita bisa memilih bibit yang seperti apa yang pas untuk kita para petani karet. Pemilihan bibit menentukan hasil yang kita usahakan dari menanam sampai panen. Menurut pengalaman admin bibit pohon karet yang baik ialah bibit yang unggul/super yang memiliki tunas yang besar serta jika batang bibit pohon di gores sedikit akan mengeluarkan getah yang kental.

2. Kondisi Musim

Nah musim juga menentukan kekerasan kulit pohon karet ketika disadap, biasanya menurut pengalaman admin jika saat musim panas / kemarau kulit pohon akan sangat terasa keras dan jika disadap tatal kayunya itu hancur/buyar. Lalu jika saat musim penghujan kulit pohon karet akan terasa lembut atau kejal.

Memang biasanya kulit pohon karet itu ada yang tebal dan ada yang tipis tergantung pada bibit yang kita pilih dari awal. Kulit pohon yang tebal akan sangat memperlambat proses penyadapan apa lagi jika saat musim kemarau kulit pohon karet akan tambah keras.

3. Umur Pohon Karet

Umur pohon karet juga menentukan kekerasan kulit pohon karet itu sendiri. Saat masih muda atau kisaran umur 5 - 8 tahun kulit pohon karet akan terasa lembut dan sangat mudah untuk menyadapnya. Tetapi jika umur pohon karet sudah tua atau sudah berumur 10 tahun keatas biasanya kulit pohon karet akan terasa keras jika sadap, apalagi jika kulit pohon tersebut sudah tumbuh kulit yang kedua.

Nah itulah Penyebab Kulit Pohon Karet Keras Saat di Sadap menurut pengalaman admin semoga bermanfaat, jika kamu ingin mengetahui tentang pohon karet lainnya bisa mengtakses di www.bokban.my.id

Post a Comment for "Penyebab Kulit Pohon Karet Keras Saat di Sadap"