Rangkuman IPA Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Adanya revisi kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah membuat materi pelajaran menjadi berbeda dan berimbas pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah. Tentu saja hal ini akan memberikan dampak yang cukup signifikan karena siswa harus melakukan penyesuaian yang cepat dan tepat agar tidak mengalami masalah. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai rangkuman IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 di mana bisa menjadi salah satu acuan terkait pembelajaran di sekolah.

buku ipa
Buku IPA Kelas 7
Sebagaimana kita tahu, IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap cukup sulit dan menjadi momok bagi siswa. Dalam kurikulum 2013, terdapat beberapa pembahasan yang disusun dengan cukup berbeda daripada kurikulum sebelumnya. Simak beberapa rangkuman pembahasan tersebut khususnya untuk semester 2 di bawah ini.

Rangkuman Materi IPA Kelas 7

Dalam kurikulum 2013 pelajaran IPA semester 2, sedikitnya akan dibahas 6 bab yang berbeda. Bab-bab tersebut akan membahas beberapa bahasan terkait ilmu alam untuk menambah pengetahuan siswa tentang pentingnya mempelajari alam dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa rincian IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 tersebut adalah sebagai berikut:

Bab 1 Membahas Tentang Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Bab 1 pada semester 2 akan membahas beberapa hal terkait dari sistem organisasi dan kehidupan makhluk hidup. Adapun beberapa rincian pembahasan bab ini adalah sebagai berikut:
 Sel sebagai unit struktural dan fungsional dalam kehidupan
 Jaringan-jaringan yang terdapat pada sel
 Organ yang terdapat pada hewan dan tumbuhan
 Sistem organisme makhluk hidup

 

Bab 2 Membahas Tentang Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Bab kedua akan membahas mengenai interaksi makhluk hidup dengan lingkungan. Adapun rincian pembahasan bab ini adalah sebagai berikut:
 Pengertian tentang lingkungan
 Hal yang ditemukan dalam lingkungan
 Interaksi dalam ekosistem yang membentuk pola
 Pola interaksi manusia yang berpengaruh pada ekosistem

 

Bab 3 Membahas Tentang Pencemaran Lingkungan

Bab 3 akan membahas mengenai pencemaran lingkungan. Adapun rangkuman IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 terkait bab ini adalah sebagai berikut:
 Definisi dari pencemaran
 Kasus pencemaran air
 Kasus pencemaran udara
 Kasus pencemaran tanah

 

Bab 4 Membahas Tentang Pemanasan Global

Bab 4 dari pembahasan ini akan membahas terkait pemanasan global. Adapun beberapa bahasan rinci mengenai bab ini adalah sebagai berikut:
 Efek dari rumah kaca
 Pengertian pemanasan global
 Penyebab pemanasan global
 Dampak dari pemanasan global
 Usaha yang dilakukan untuk penanggulangan pemanasan global

 

Bab 5 Membahas Tentang Lapisan Bumi

Bab 5 dalam pelajaran IPA ini akan membahas mengenai lapisan-lapisan bumi. Adapun secara lengkap rincian pembahasan IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013 ini adalah sebagai berikut:
 Memahami Atmosfer
 Apa itu litosfer?
 Apa itu hidrosfer?

Bab 6 Membahas Tentang Tata Surya

Bab 6 dari pelajaran ini akan membahas mengenai tata surya yang ada di dunia. Beberapa rincian pembahasan bab ini diantaranya adalah sebagai berikut:
 Sistem tata surya kita
 Kondisi dan perkembangan bumi
 Kondisi bulan dan satelit lainnya
 Gerhana bulan dan matahari
Nah, dari beberapa keterangan di atas, kita bisa melihat rincian terkait rangkuman IPA kelas 7 semester 2 kurikulum 2013. Adanya rincian tersebut tentu saja akan sangat memudahkan kita untuk mempelajari bab-bab IPA yang hendak diajarkan. Selain itu, adanya rangkuman akan membuat pelajaran menjadi lebih terstruktur dan kita siap mengikutinya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Rangkuman IPA Kelas 7 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi"