Pembahasan Lengkap Buku Ipa Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 2

Kurikulum 2013 memang belum lama dipergunakan, tetapi dunia pendidikan kembali dipusingkan. Dengan adanya revisi atau perubahan kurikulum 2013. Salah satu perubahan berdampak pada buku IPA kelas 9 kurikulum 2013 semester 2. Perubahan ini memang dilakukan untuk menunjang kebijakan pemerintah melalui kurikulum. Hampir semua mata pelajaran mengalami revisi. Akan tetapi kali ini kita akan mengupas lebih dalam lagi mengenai Ilmu Pengetahuan Alam atau IPA. Mata pelajaran ini memang sangat penting dipelajari. Untuk lebih jelasnya, simak lebih lanjut!

Buku Ipa Kelas 9 Kurikulum 2013
Buku Ipa Kelas 9 Kurikulum 2013

Pembahasan Lengkap IPA Kelas 9

Dalam buku IPA kelas 9 kurikulum 2013 lengkap dan terbaru yang sudah direvisi tersebut, terdapat 5 bab pembahasan. Dari keseluruhan bab, pembahasannya lebih condong ke IPA biologi serta Fisika. sedangkan kimia tidak dijelaskan secara khusus dan gamblang. Pembahasan setiap bab sangat menarik untuk dipelajari. Dapat dipastikan murid akan merasa lebih senang mempelajari IPA dengan gaya baru. bab 6 yang jadi bab pembahasan awal, akan mengupas tentang kemagnetan dan pemanfaatnnya dalam produk teknologi. 

Pokok bahasan ini sangat menarik. Dalam bab tersebut masih terbagi menjadi tiga sub pokok bahasan. Yakni pemanfaatan medan magnet pada migrasi hewan seperti migrasi salmon, peny, burung, lobster duri dan dalam tubuh bakteri. Pembahasan kedua tentang teori dasar kemagnetan dan ketiga kemagnetan dalam produk teknologi. pada bab selanjutnya, tema bahasanya ialah pewarisan sifat pada makhluk hidup. Pembahasan biologi dalam buku IPA SMP/MTs kurikulum 2013 ini terbagi menjadi lima sub pokok bahasan. 

Diantaranya molekul yang mendasari pewarisan sifat, hukum pewarisan sifat, pewarisan sifat-sifat manusia, kelainan sifat manusia yang diturunkan serta penerapan pewarisan sifat dalam pemuliaan makhluk hidup. Semua pembahasan dalam bab ini erat kaitannya dalam kehidupan nyata. Sehingga sangat menarik dipelajari. Pelajaran ini membuat siswa lebih paham mengapa dan apa saja sifat manusia yang bisa diturunkan. 

Dalam buku IPA kelas 9 kurikulum 2013 semester 2 pada Bab 8 juga jadi pembahasan bidang Biologi, yakni mengupas bioteknologi pangan. Bioteknologi pangan ini terbagi menjadi dua sub pembahasan. Pertama bioteknologi dan manfaatnya dalam produksi pangan. Sub pokok bahasan kedua mengupas dampak penerapan dan pengembangan bioteknologi. Teknologi ramah lingkungan, jadi pembahasan dalam bab 9. 

Empat sub pokok bahasan jadi isi dalam bab tersebut. diantaranya mengupas tentang pengertian dan prinsip teknologi ramah lingkungan. Aplikasi teknologi ramah lingkungan, perilaku hemat energi dalam keseharian dan terakhir mengupas teknologi tidak ramah lingkungan. Pembahasan ini juga tak kalah menarik. diharapkan setelah mempelajari bab tersebut, siswa dapat lebih menjaga lingkungan secara baik. Lebih berhemat masalah energi dan mengutamakan kemajuan teknologi berbasis ramah lingkungan. 

Semuanya tentu bermanfaat bagi diri sendiri sekaligus lingkungan bukan? Bab ini memang sangat asik dikupas. Untuk bab terakhir dalam buku kelas 9, mengulas tentang tanah dan keberlangsungan kehidupan. Tak berbeda dengan ulasan bab lainnya. bab ini juga dibagi menjadi dua sub pokok bahasan. Pertama tentang peranan tanah dan organisme tanah bagi keberlangsungan kehidupan. Kedua tentang proses pembentukan tanah dan komponen penyusun tanah.

Dari ulasan tadi dapat disimpulkan bahwa buku IPA kelas 9 kurikulum 2013 semester 2 mempunyai 5 bab pembahasan. Kelimanya mempunyai pokok bahasan berbeda seputar fisika dan biologi. Buku pedoman ini sudah banyak dijual diseluruh Indonesia. Atau bisa juga kita mendownloadnya melalui internet.

Post a Comment for "Pembahasan Lengkap Buku Ipa Kelas 9 Kurikulum 2013 Semester 2"